image

Aksi Peduli, Umat Katolik Keuskupan Agung Samarinda Salurkan Bantuan APD untuk Tenaga Medis

Kabar gugurnya sejumlah tenaga medis selama pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), sangat memprihatinkan. Mereka dinyatakan gugur setelah terinfeksi saat harus menangani pasien Covid-19. Tenaga medis merupakan gerda terdepan dalam upaya melawan wabah mematikan ini. Sehingga tenaga medis perlu mendapatkan alat perlindungan diri yang optimal. 

Beragam bantuan untuk pasukan gerda terdepan tim medis di Kalimantan Timur terus disalurkan. Kali ini, Rumah Sakit Umum Abdul Wahab Sjahranie, Rumah Sakit Umum Daerah Inche Abdoel Moeis, dan Rumah Sakit Dirgahayu, menerima bantuan alat Pelindung Diri (APD), masker dan sarung tangan dari Umat Katolik Keuskupan Agung Samarinda, Selasa (28/4/2020).

Pemberian bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Mgr. Yustinus Harjo Susanto MSF., Uskup Keuskupan Agung Samarinda kepada perwakilan Rumah Sakit A.W.  Sjahranie, RSUD I.A. Moeis, dan Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda. Ketersediaan APD yang mencukupi merupakan hal utama dalam upaya memberi layanan kesehatan.

Dalam serah terima itu, perwakilan Rumah Sakit menyambut baik dan mengapresiasi bantuan tersebut. Sebab, kata perwakilan Rumah Sakit A.W. Sjahranie salah satu penerima bantuan, jenis bantuan ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis. Dia berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan maksimal sebagai pelindung diri bagi para tenaga medis dari ancaman Covid-19 saat memberikan pelayanan medis kepada pasien.

Kami ucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan, semua ini sangat bermanfaat bagi kita dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, ungkapnya. 

Bapa Uskup dan Pihak Rumah Sakit sangat mengapresiasi para donatur dan umat yang turut peduli terhadap tenaga medis di Kalimantan Timur. Hadir di saat yang tepat, umat Katolik turut memikirkan nasib tenaga medis dengan cara memberikan uluran tangan. 

Bantuan ini berasal dari umat kita sekaligus para donatur, semoga ini bisa membantu para tenaga medis dalam menangani wabah corona ini, kata Bapa Uskup, saat menyerahkan bantuan di RSUD I.A. Moeis Samarinda.

Keuskupan Agung Samarinda bekerjasama dengan Kampus STKPK Bina Insan dalam menerima, membagi dan menyalurkan bantuan dari umat dan para donatur ini kepada Rumah Sakit. Jumlah seluruh bantuan yang disalurkan yakni 500 pcs APD, 500 pcs sarung tangan dan 3.000 pcs masker. 

Semoga bantuan ini dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan tenaga medis dalam menjalankan tugas mereka. Sehingga meminimalisir penularan Covid-19 saat memberikan pelayanan medis kepada pasien di Rumah Sakit. (*)


Penulis: Lorensius Amon

Komentar

  • Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar