image

Kakanwil : LP3KD Kaltim Dapat Bersinergi Dengan Kemenag

Samarinda (Inmas-Kwl) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Saifi menerima kunjungan pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) di ruang kerjanya, Senin (23/10).

Hadir di pertemuan ini ketua umum Wilfridus Samdirgawijaya, Sekretaris Longginus, Bendahara Agnes Ajeng Ariyanti dan empat pengurus LP3KD lainnya.

Pengurus LP3KD Kaltim bermaksud untuk melaporkan telah terbentuknya kepengurusan LP3KD Provinsi Kalimantan Timur dan memohon Kakanwil dapat memberikan surat pengantar kepada gubernur Kaltim untuk penerbitan SK kepengurusan LP3KD Kaltim.

Sekretaris LP3KD Kaltim yang juga Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Kaltim Longginus menyampaikan bahwa LP3KD yang pertama terbentuk adalah di Ambon provinsi Maluku dan disusul provinsi lain dan saat ini di Kaltim sudah terbentuk.

Pembentukan lembaga ini adalah bukan hanya untuk meningkatkan iman umat Katolik melaui kreasi budaya dan seni tetapi juga merupakan upaya untuk membangkitkan semangat seni dan suara terlebih untuk pembinaan umat di daerah.

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) ini akan diperlombakan sampai tingkat nasional, dan di tahun 2018 akan dilaksanakan di provinsi Maluku, tambahnya.

Kakanwil menyambut gembira atas terbentuknya LP3KD ini, sehingga umat Katolik memiliki wadah yang tepat untuk pengembangan-pengembangan seni dan suara yang juga sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat Katolik kepada tuhan.

Sesuai dengan visi misi kementerian agama dalam meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama, maka LP3KD dapat bersinergi dengan Kemenag dalam program kegiatan Bimas Katolik ke depan yang akan dilaksanakan.

Pengurus harus kerja keras, segera tetapkan sekretariat, lengkapi AD-ART atau mengacu pada statuta, program pembinaan yang jelas, buat usulan ke gubernur untuk penetapan, setelah itu agendakan pelantikan pengurus secepatnya, kami siap mendukung, terang Kakanwil.

Kakanwil juga menginginkan kedepan Kaltim memiliki prestasi pada tingkat Nasional, dan setuju jika budaya lokal yang memiliki nilai seni yang tinggi dapat diakomodir.

Karenanya mulailah dari sekarang mempersiapkan segala sesuatunya, dan Kakanwil menyarankan agar pengurus punya cek list langkah yang akan dilakukan untuk memudahkan kontrol dan pencapaian target, pungkasnya.

Komentar

  • Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar