image

Kampus STKPK Bina Insan Mengadakan Diskusi, Evaluasi dan Refleksi Karya Bakti Paskah 2018

STKPK BINA INSAN - Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral Katolik (STKPK) Bina Insan Samarinda melaksanakan Diskusi, Evaluasi dan Refleksi Karya Bakti paskah pada hari Sabtu, (5/5/2018). Diskusi, Evaluasi dan Refleksi tersebut merupakan program pengabdian kepadamasyarakat sebagai salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi danmerupakan program rutin yang dilaksanakan dua kali dalam satu tahun yakni pada masa Natal dan Paskah. Kegian in diikuti oleh seluruh mahasiswa STKPK Bina Insan Samarinda.
Dalam kegiatan ini diskusi hadir dua orang panelis yakni Pastor Donatus Dole, SS dan Roedy Haryo Widjono AMZ yang juga merupakan dosen STKPK Bina Insan. Tugas panelis dalam diskusi mahasiswa adalah mengklarifikasi data-data laporan mahasiswa, memberievaluasi dan refleksi. Pada acara tersebut turut hadir Pastor Wilfridus Samdirgawijaya, SS., Lic.Mis selaku Ketua STKPK Bina Insan.
Tujuan kegiatan karya bakti adalah untuk melatih mahasiswa dalam berpastoral, di manamahasiswa diberi kesempatan untuk mengunjungi paroki yang berada di wilayah Keuskupan Agung Samarinda. Kegiatan mahasiswa selama melaksanakan karya bakti adalah memimpin ibadat di stasi, memberikan pendalaman iman kepada umat,melatih paduan suara, mengajar anak-anak misioner, dan menganalisa situasisosial di tempat melaksanakan karya bakti.

PastorWilfridus mengatakan bahwa karya Bakti yang diselenggarakan Kampus inimerupakan misi Program Studi agar mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman dilapangan dan belajar menjadi seorang pelayan atau katekis yang mau mengabdikandiri bagi Gereja dan masyarakat. Sedangkan diskusi, evaluasi dan refleksi yangdilaksanakan pada hari ini merupakan sarana bagi mahasiswa untuk belajar danmerefleksikan panggilan sebagai seorang katekis dan guru agama.

Kegiatan karya bakti ini merupakan misi dari program studi STKPK BinaInsan untuk melayani dan mengabdi kepada masyarakat. Untuk itu diskusi,evaluasi dan refleksi karya bakti paskah 2018 ini menjadi hal yang penti dan iniajang bagi mahasiswa untuk membagikan pengalaman kalian yang didapatkan ketikamelaksanakan tugas mereka di paroki maupun di stasi. Sebagai seorang pelayan,mahasiswa yang datang ke paroki atau stasi, pasti ada umat atau masyarakat yangmemandang kalian sebagai seorang mahasiswa, ada yang memandang kalian sebagaibapak dan ibu guru agama katolik, dan ada pula yang memandang kalian sebagaiseorang katekis, dan semua itu adalah sebuah panggilan bagi mahasiswa mahasiswiuntuk menjadi seorang pelayan. Ungkap Pastor Wil dalam sambutannya, Sabtu,(5/5/2018)
Lebihlanjut, Pastor Ketua STKPK Bina Insan ini mengungkapkan agar kehadiranmahasiswa di tengah-tengah umat selama melaksanakan Karya Bakti memberi manfaatbagi umat yang dilayani maupun bagi manfaat bagi mahasiswa sendiri.kehadirankalian bersama umat di paroki maupun stasi itu juga adalah kehadiran untukterlibat dalam hidup menggereja, kalian sudah hadir di sana tentunya kitaharapkan ada manfaat bagi umat maupun bagi kalian sendiri, untuk memberipengalaman yang lebih dari apa yang di dapat di kampus ini. Kata PastorWil.  
Adapunparoki-paroki yang menjadi tempat bagi mahasiswa dalam melaksanakan Karya BaktiPaskah 2018 adalah: Paroki Santo Petrus Ujoh Bilang, Paroki Santa Maria LongHubung, Paroki Keluarga Suci Tering, Paroki Yohanes Penginjil Linggang Melapeh,Katolik Center Santo Thomas Aquinas Kutai Barat, Paroki Santo Arnoldus JanssenTanjung Isuy, Paroki Gembala Baik Ritan Baru, Paroki Santo Yosep Bontang,Paroki Santa Theresia Sangata, Paroki Sanata Maria dari Fatima Panajam danParoki Aleluia Tahah Gerogot. (*)

Saat iniKampus STKPK Bina Insan juga telah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswabaru. Jadwal pendaftaran dibuka sejak tanggal 01 Mei sampai 30 Juni 2018. Bagiyang ingin bergabung menjadi katekis dan guru agama Katolik dapat mendaftarkandiri dengan segera!

Jalaur pendaftara ada online, alamat websitehttp://pmb.stkpkbinainsan.ac.id/ ataubisa juga langsung datang ke Kampus STKPK Bina Insan Samarinda, alamat Jl. WR.Soepratman No.2 Samarinda 75121 - Kalimantan Timur. Info lengkap tentangpendaftaran Mahasiswa Baru bisa di dapat pada brosure Kampus. (*)


Alexandria Alvasius Raydi

 

Komentar

  • Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar