image

Karya Bakti Natal 2018: Mahasiswa Diutus Untuk Belajar Dari Umat

Hari Raya Natal 25 Desember merupakan saat yang dinanti-nantikan, kita bersukacita atas kelahiran Yesus. Bagi umat Kristiani, peristiwa tersebut sungguh menyatakan betapa besar kasih Allah: sehinggaIa telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal (Yoh 3:16). Kedatangan Almasih di sambut dengan penuh suka cita, terutama oleh para gembala, yang menggambarkan orang-orang kecil yang merindukan juru selamat, maupun orang-orang Majus, yakni kalangan biak dan terhormat yang mencari kebenaran dan keselamatan. Janji Allah akan keselamatan terwujud dalam diri Yesus, melalui kerendahan hati dan pengorbanan diri, Yesus melaksanakan rencana Allah.Sehingga tepatlah Rasul Paulus menyebutkan, Yesus Kristus Hikmat bagi kita (Bdk. 1 Kor 1:30).

Menjelang perayaan Natal 25Desember 2018, Mahasiswa STKPK Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda melaksanakan kegiatan persiapan Karya Bakti Natal yakni Rekoleksi, Simulasi Pemandu Ibadat, Penerimaan Sakramen Rekonsiliasi dan akhirnya di tutup dengan Misa Perutusan. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun, dengan maksud mempersiapkan diri mahasiswa melaksanakan Karya Bakti di Paroki maupun di Stasi. Pada tahun ini, mahasiswa diutus ke 20 (dua puluh) Paroki yakni:

1. Paroki Hati Kudus Yesus, Laham
2. Paroki St. Paulus, Tiong Ohang
3. Paroki St. Petrus, Ujoh Bilang
4. Paroki St. Yosef, Long Pahangai
5. Paroki Keluarga Suci, Tering
6. Paroki St. Paulus, Lambing
7. Paroki Kristus Raja, Barong Tongkok
8. Paroki St. Markus, Melak
9. Paroki St. Pius X,Tenggarong
10. Paroki Gembala Baik, Ritan Baru
11. Paroki St. Arnoldus Janssen, Tanjung Isuy
12. Paroki St. Maria Ratu Damai, Nehas Liah Bing
13. Paroki St. Lukas, Temindung
14. Paroki St. Theresia, Sangatta
15. Paroki St. Yosef, Bontang
16. Paroki St. Maria dari Fatima, Penajam
17. Paroki Alleluia Tana Grogot
18. Paroki Hati Kudus Yesus, Mangkupalas
19. Paroki Hati Kudus Yesus, Segah
20. Paroki St. Eugenius De Mazenod, Tanjung Rede

Kegiatan Karya Bakti Natal dilaksanakan mulai 18 Desember 2018 sampai dengan 02 Januari 2019. Selama melaksanakan Karya Bakti Natal, mahasiswa diharapkan dapat belajar dari PastorParoki maupun umat ditempat bertugas. Pesan tersebut disampaikan oleh Pastor Klaudis Sani Sapo, Pr selaku Dosen yang mendampingi mahasiswa dalam persiapan: kalian melaksanakan karya bakti natal artinya kalian di utus untuk pergi melayani umat, tetapi bukan berarti kalian sudah tahu semuanya. Apa yang kita pelajari bersama di tempat ini merupakan bekal awal untuk kalian, selanjutnya silahkan belajar dari Pastor, Katekis, maupun umat yang kalian jumpai di tempat karya bakti ungkap Pastor Dius pada penutupan rekoleksi mahasiswa.

Mengutip pesan Natal PGI dan KWI tahun 2018, Natal tahun ini mengingatkan kita akan hikmat Allah yang diwujudkan dalam diri Yesus. Natal bukan mengenang kelahiran Yesus sebagai bayi di dalam palungan, tetapi juga kehidupan Yesus yang penuhi hikmat dan dicurahi Roh Kudus. Semoga Natal sunguh-sungguh menjadi sukacita dan kegembiraan bagi kita semua.

 

 

Penulis: Rian Toni

Editor: Lorensius AMN

Komentar

  • Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar