image

Penguatan Karakter Penghuni Bumi Pertiwi dalam Menghadapi Realitas Zaman

Penghuni bumi pertiwi adalah insan yang berkarakter moral kebangsaan yang kokoh sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkalaku dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan budaya kebangsaan yang menjadi ciri khas ke-Indonesiaan. 

Ciri khas ke-Indonesiaan yang merupakan warisan leluhur dapat dijadikan sebagai modal kejayaan bangsa kalau semua insan penghuni ibu pertiwi memiliki karakter kebangsaan tersebut.  

Karakter yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia adalah religius, ketulusan, kerendahan hati, kesetiaan, berpikir positif, tanggung jawab, percaya diri, kebesaran jiwa, empati,  jujur, sikap toleransi, disiplin, pekerja keras, kreatif. mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi orang lain, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial.  Karakter warisan leluhur  ini menjadi karakter penghuni bumi pertiwi dalam membumikan spiritualitas kebangsaan yaitu pancasila, UUD 45, dan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). 

Penguatan karakter penghuni bumi pertiwi dalam membumikan spiritualitas kebangsaan adalah keniscayaan. Dengan demikian spiritualitas moral kebangsaan menyatu dalam jiwa dan raga anak bangsa melalui pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam berbagai strata kehidupan berbangsa dengan membangun komitmen dan konsistensi penghuni bumi pertiwi ini sehingga bertumbulah sikap jujur (olah hati), peduli (olah rasa dan karsa), cerdas (olah pikir), dan tangguh (olah raga) sesuai dengan falsafah pancasilah dalam kehidupan sehari-hari. 

Penguatan karakter dalam penghayatan spiritualitas kebangsaan ini akan mendatangkan kesuksesan, akan mendatangkan kejayaan Indonesia karena  karakter-karakter warisan leluhur bangsa merupakan bagian dari kehidupan orang sukses demi kejayaan bangsa yaitu ketangguhan, kreatif, kesabaran, kerja keras, disiplin, kemandirian, kemampuan sosial, ambisius, tidak pernah berhenti belajar, memiliki persiapan, berkomitmen, selalu ingin belajar, percaya diri dan bangga akan kemampuan yang dimiliki, pantang menyerah dan berani ambil risiko, inisiatif, berpikir positif, sabar dan disiplin, integritas & rasa syukur, dapat dipercaya, berpendirian kuat, dapat mempengaruhi seseorang, mampu memanfaatkan kegagalan, lebih menghargai waktu, tidak pernah melewatkan kesempatan, uang bukan tujuan utama tetapi kepuasan batin, menjadi diri sendiri, keberanian, kebaikan, atasi hambatan, fokus pada tujuan, terus belajar, rendah hati, investasikan waktu untuk hal yang berguna, hemat, tidak menyombongkan diri, menjauhkan diri dari orang-orang yang bisa menurunkan kualitas hidup Anda, berani memulai, menjadi pribadi yang teratur, selalu melakukan sesuatu yang mengingatkan siapa diri Anda, menetapkan tujuan yang realistis, menjadi sang pemimpin diri sendiri.

Karakter warisan leluhur tersebut merupakan karakter yang berkualitas dalam menjalani kehidupan berbangsa. Karakter penghuni bumi pertiwi adalah magnet kesuksesan penghuni bumi pertiwi, magnet kesuksesan masyarakat, magnet keunggulan bangsa dalam memenangkan persaingan global. 

Karakter-karakter tersebut seharusnya sudah membumi, sudah mendarah daging, sudah membatin, menyatu dengan jiwa raga penghuni bangsa dan tentu sangat mempengaruhi    segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat penghuni bangsa ini dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau semua karakter membumikan spiritualitas kebangsaan tersebut direalisasikan mempribadi  dalam kehidupan sehari-hari penghuni bumi pertiwi  maka seluruh penghuni planet bumi belajar pada anak bangsa untuk mendatangkan kesuksesan. Tapi bagaimana realitasnya?  Ini menjadi bahan permenungan anak bangsa yang terlahir dari kandungan ibu pertiwi.   

Kalau anak bangsa mau sukses untuk mendatangkan kejayaan bangsa, kejayaan Indonesia tentunya harus paham bagaimana karakter anak bangsa membuat keberuntungan datang sehingga jayalah bangsa. 

Magnet karakter anak bangsa dalam membumikan spiritualitas kebangsaan akan menarik datangnya berbagai macam hal yang dibutuhkan dalam meraih keberhasilan bangsa Indonesia. 

Untuk meraih kesuksesan tertentu,  anak bangsa  membutuhkan sesama saudara yang hebat, orang-orang yang berpengalaman, orang-orang yang  super, orang-orang yang berkarakter, orang-orang yang sudah sukses untuk hadir kedalam kehidupan anak bangsa, untuk membantu anak bangsa meraih keberhasilan atau keberuntungan. 

Bantuan-bantuan inilah yang akan memudahkan anak bangsa meraih kesuksesan. Menghadirkan orang hebat dalam kehidupan  insan penghuni bangsa sebagai saudara dalam realitas kehidupan membutuhkan karakter-karakter anak bangsa  yang berkualitas tinggi, yang memiliki mutu hidup selevel dengan karakter orang yang sudah meraih kesuksesan.
Jika karakter penghuni bumi pertiwi baik maka penghuni bumi pertiwi akan bisa memiliki sikap yang tepat untuk mengakomodir segala kejadian yang ditemui dalam realitas kehidupan berbangsa. 

Baik kejadian yang menyenangkan maupun kejadian yang tidak menyenangkan yang menantang dalam dinamika kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari proses yang digunakan oleh sang waktu untuk mengasah potensi kekuatan atau energi yang ada dalam diri insan penghuni bumi pertiwi untuk bangkit dan berjuang demi kejayaan bangsa sehingga bisa digunakan dengan efektif dan efisien melalui proses dan kesuksesan yang dicapai. Akhirnya, pilihan penghuni bumi pertiwilah yang mengakibatkan keberuntungan tersebut, kesuksesan hidup menjadi lebih mudah untuk dicapai.

Penguatan karakter membumikan spiritualitas kebangsaan akan mendatangkan keberhasilan dan keberuntungan. Namun dibalik keberhasilan yang akan diraih penghuni bumi pertiwi, sesungguhnya membutuhkan perjuangan jatuh bangun dan rasa sakit sebagai suatu harga yang harus dibayar atas kesuksesan yang akan dirasakan demi keunggulan bangsa Indonesia. 

Jika penghuni bumi pertiwi menghampiri seorang yang sukses dan menanyakan tentang pekerjaan mereka, mereka akan mampu menjelaskan segalanya secara ringkas. Mereka sangat percaya diri, mengetahui diri mereka, tahu apa yang mereka kerjakan dan mampu membuat anak bangsa percaya pada mereka. 

Mereka berani berusaha dan tidak takut untuk memberikan 150% dirinya agar mereka dapat menjadi sukses. Bukan berarti mereka tidak merasa takut, tetapi mereka menerjemahkan ketakutan dan kecemasan tersebut sebagai motivasi untuk maju dan  mereka berani untuk mengatasi ketakutan dan keraguan yang timbul.

Mereka melihat kesalahan dan keputusan yang tidak tepat sebagai sebuah pembelajaran. Bahkan mereka merasakan semuanya itu sebagai kampus kehidupan untuk menata meniti kehidupan ini secara elegan. Mereka percaya bahwa keputusan yang mereka ambil serta kesalahan yang mereka lakukan adalah strategi terbaik yang dapat mereka lakukan pada saat itu. 

Proses menuju kesuksesan, dibutuhkan semangat, kerja keras dan tentu saja fondasi karakter dalam diri yang teruji demi menggapai kejayaan Indonesia. Meraih kesuksesan bangsa perlu komitmen dan konsistensi seluruh insan penghuni bangsa.

Penghuni bumi pertiwi yang mau sukses memiliki karakter inisiatif dan komitmen. Inisiatif  adalah rasa ingin melakukan sesuatu tanpa harus diminta atau dipaksa untuk melakukannya. Insan penghuni bangsa melakukannya berdasarkan rasa suka dan cinta. 

Saat melakukannya penghuni bumi pertiwi merasa bahagia. Bila seluruh komponen bangsa sudah memiliki hal tersebut maka akan lebih memudahkan anak bangsa untuk mencapai impian yang lain. Komitmen adalah janji yang penghuni bumi pertiwi lakukan terhadap diri sendiri. 

Komitmen menandakan Anda, saya, dan kita semua untuk memiliki  karakter yang kokoh kuat bagaikan batu karang untuk membumikan spiritualitas kebangsaan menuju kejayaan bangsa dan serius terhadap hidup dan impian penghuni rumah bangsa Indonesia. 

Tidak ada suatu kesuksesan sebuah bangsa tanpa sebuah kedisiplinan penghuninya. Disiplin untuk melakukan hal-hal kecil dan dengan sabar menikmati proses menuju kesuksesan. Tidak ada sesuatu pun yang instan. Semuanya ada proses yang harus dilakukan dengan disiplin serta kesabaran akan mendatangkan kejayaan.

Yang paling menentukan kesuksesan suatu bangsa adalah karakter penghuni bumi pertiwi dalam membumikan roh, jiwa, semangat kebangsaan yaitu pancasila, UUD 45 dan NKRI menjadi nilai, perilaku, moral kebangsaan dan menjadi ciri khas yang dikenali. Karakter Penghuni bumi pertiwi  merupakan ciri khas yang tidak dimiliki oleh penghuni-penghuni bangsa lain di planet bumi ini. 

Karakter Indonesia tersebut biasanya sangat unik dan berkarakter baik dan kuat. Anda, saya dan kita semua bahkan semua orang di planet bumi ini memiliki masa sulit dalam hidupnya. Tapi yang berbeda adalah orang yang memiliki karakter yang kuat dan komitmen yang baik memiliki kemampuan menghadapi hal sulit tersebut dan membaliknya menjadi keadaan lebih baik dengan kekuatan dahsyat bahkan membangkitkan inspirasi baru untuk menemukan ide-ide kreatif dan inspiratif yang menghidupkan keluarga, kampus khususnya dan masyarakat bangsa serta negara pada umunya. 

Penghuni bumi pertiwi dengan karakter yang kuat paham betul harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan bangsa. Sukses itu tidak sulit namun butuh perjuangan. Karakter penghuni bumi pertiwi adalah penentu Pilihan, yang membuat keberuntungan dan kesuksesan datang kepada Anda, saya dan kita semua. 

Menjadi diri bangsa sendiri adalah sebuah kualitas karakter yang membedakan penghuni bumi pertiwi dengan orang lain. Jika Penghuni bumi pertiwi memiliki kemampuan yang menonjol dibandingkan orang lain, anak bangsa harus bisa mengekspresikannya demi kejayaan Indonesia.

Karakter penghuni bumi pertiwi adalah penentu pilihan, yang membuat keberuntungan dan kesuksesan datang dalam hidup Anda, saya dan kita semua. Bahkan skill dan pengetahuan serta uang bisa didapatkan karena karakter dan sikap. 

Banyak penghuni rumah bangsa yang memiliki potensi skill dan pengetahuan hebat menjadi gagal ketika ia tidak memiliki karakter dan sikap yang hebat dalam membumikan nilai-nilai kebangsaan. Karakter dan sikap saya, Anda, dan kita semua penghuni bumi pertiwi yang menentukan pilihan. Pilihan kita dalam realitas hidup berbangsa dan bernegaralah yang membuat kita sukses, yang membuat keberuntungan datang kepada penghuni bumi pertiwi. 

Mari kita memilih untuk membuat dan mengembangkan karakter kebangsaan yang bisa menarik datangnya kesuksesan bangsa. Mari kita gunakan potensi kekuatan berpikir yang positif yang dapat menarik datangnya kesempatan untuk kesuksesan penghuni bumi pertiwi, kesuksesan kita semua. Penghuni bumi pertiwi adalah kesuksesan. Kesuksesan adalah penghuni bumi pertiwi. 

Penghuni bumi pertiwi memiliki karakter hebat dan karakter hebat adalah penghuni rumah bangsa. Proses menuju kesuksesan, kejayaan bangsa dibutuhkan semangat, kerja keras dan tentu saja fondasi karakter dalam diri penghuni bumi pertiwi yang teruji. 

Dengan karakter kokoh, kuat dalam membumikan spiritualitas kebangsaan yang teruji penghuni bumi pertiwi menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala dan menjadi habitus baru dalam menghadapi realitas zaman menuju kejayaan Indonesia. (*)

Penulis: Nikolaus Anggal, M.Pd, Dosen STKPK Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda.

Komentar

  • Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar