Profil Lulusan

Kompetensi Utama diuraikan menurut Profil Lulusan yang telah ditetapkan:
A. Pendidik dan Pengajar Iman Katolik
  • Mampu membuat perencanaan pembelajaran agama Katolik, melaksanakan, melakukan penilaian belajar, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran khususnya untuk pendidikan dasar dan menegah, berdasarkan konsep pedagogi tertentu, dan mengacu pada SN Pendidikan.
  • Mampu mengembangkan model pembelajaran secara mandiri berdasarkan studi atau riset untuk menghasilkan model pembelajaran yang interaktif dan inovatif, yang merupakan penyelesaian masalah pendidikan yang kontekstual dan teruji secara teoretis terhadap kaidah pedagogi.
B. Katekis
  • Mampu memberikan bimbingan dan pendampingan rohani kepada umat dengan memperhatikan secara integratif aspek psikologis, sosial, kultural dan pastoral.
  • Mampu membuat perencanaan pengajaran iman Katolik yang otentik dan kontektual, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan katekese, berdasarkan konsep ajaran iman Katolik, dengan tujuan untuk menaburkan, menumbuhkan, dan memelihara iman Katolik. 
C. Peneliti
  • Mampu menyusun rencana studi atau kajian bidang interaksi sosial kemasyarakatan dan kebudayaan dalam perspektif pastoral, untuk mengembangkan pembelajaran agama Katolik dan pengembangan pelayanan pastoral, mampu melaksanakan dan menyusun laporan serta mengomunikasikan hasil studi atau kajian, dengan memanfaatkan sarana TIK terkini.

Kompetensi utama ini tergambar dari Mata Kuliah pokok yang diberikan di Prodi PPAK STKPK Bina Insan, yakni Pengantar Kateketik, Pengantar Pastoral, Pengantar Teologi, Pengantar Moral, Pengantar Kitab Suci Perjanjian Lama, Pengantar Kitab Suci Perjanjian Baru, Dasar-Dasar Kependidikan, Pengantar Psikologi, Pengantar Liturgi, Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan, Spiritualitas Katekis, Katekese Pendidikan Dasar dan Menengah, Didaktik Metodik, Pastoral Sekolah, Praktek Mengajar, Katekese Paroki, Metodik Pekerja Pastoral, Konstruksi Kurikulum, Psikologi Pendidikan, Penggunaan Media Pembelajaran, Pentateukh, Sinoptik, Teologi Paulus, Kristologi, Eklesiologi, Sakramentologi, Moral Dekalog, Evangelisasi, Mariologi, Teologi Allah Tritunggal, Homiletik, Moral Kristiani, Misiologi, Teologi Lingkungan, Sejarah Gereja, Hukum Gereja: Perkawinan, Liturgi Ekaristi, Inkulturasi Liturgi, Seksualitas dan Perkawinan, Etika, Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila, Pengantar Sosiologi, Pengantar Antropologi. Kompetensi utama lulusan adalah kompetensi standar (minimum) yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikannya di Program Studi PPAK. Kompetensi utama merupakan dasar bagi kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya atau pilihan mahasiswa. (*)